visit on my page

Tuesday, July 3, 2018

Mari Mulai Berpetualang di Celebes - central of sulawesi




Ini adalah salah satu hal yang paling dan selalu teringat di benak saya. Ceritanya Panjang, dan akan saya cicil sedikit demi sedikit. Jadi ceritanya belum lama saya menyelami profesi sebagai seorang pengukur alias surveyor, saya langsung dihadapkan pada medan yang cukup mencengangkan. Setelah sebelumnya bergelut dengan pengukuran tingkat rendah di BPN. Bahkan (kata bapak mertua saya yang sudah berprofesi sebagai surveyor selama 30 tahun) ini adalah medan terberat dan terekstrim. Seheboh apa sih? Atau saya lebay? Ikuti saja cerita berseri saya. Jujur saya sendiri bingung mau mulai dari mana.

Sebuah mega proyek bernama BENDUNGAN SURUMANA mengantarkan saya ke daerah ini. Sulawesi tengah, Donggala, Watatu, Ongulara. Saya melakukan pengerjaan LARAP di bantaran sungai SURUMANA yang sedianya akan dibendung. Bendungan akan dibangun di desa Ongulara. Proyek presiden Jokowi ini bukan main main. Salah satu sungai besar di kabupaten Donggala akan dibendung. Bukan hanya bendung, namun bendungan. Bendungan pasti akan membuat air sungai menggenang, dan area genangan itu yang akan saya tentukan seberapa besar luasnya dan punya siapa saja. Kemudian didata untuk diberikan ganti rugi baik dari segi bidang luas tanah, bangunan yang ada di atasnya, maupun pepohonan yang tumbuh disana. Seberapa banyak atau luas sih? Yah, lebih dari 20 km sepanjang bantaran sungai Surumana dari rencana bangunan bendungan naik ke hulu. Dan dampak dari genangan ini ternyata bukan hanya satu sungai saja melainkan 3 (tiga) sungai.

Singkat cerita, tanpa persiapan matang. Nego harga, deal, berangkat. Saya tidak memperkirakan bagaimana suasana di lapangan. Yang penting berangkat. Toh leader kami tidak memberi wanti-wanti untuk persiapan lebih menghadapi pekerjaan di lapangan nanti. Dan, kami satu tim pun kaget termasuk saya setelah sampai lokasi. Jauh super parah dari apa yang saya bayangkan sebelumya. Daerah yang terisolasi, jauh dari peradaban, dan banyak budaya yang berbeda dari umumnya. Untuk itu saya mencoba untuk membahas dari beberapa sisi dan beberapa sudut sebagai bahan nostalgia saya nanti setidaknya. Atau malah semoga akan menjadi khasanah wawasan kita semua. Semoga berguna ya..

Regards

waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?