visit on my page

Monday, February 11, 2019

Edifier H185, Earbud Terfavorit Saya


Awalnya sih agak gak percaya sama earbud ini. Melirik untuk beli pun tidak. Namun entah kenapa earbud ini sering sekali berseliweran di audio kere hore. Harga nya yang di atas 100k membuat saya untuk memblacklist earbud ini. Bentuk nya yang antimainstream juga membuat saya takut untuk meminangnya. Hingga akhirnya racun flashsale itu nongol lagi. Kali ini di dibanderol 59k. masih cukup terjangkau oleh kantong saya. Namun saya harus menebus harga 68k karena ditambah ongkir. Belum rela juga sih sebenarnya. Tapi semua akan rela pada akhirnya. Potongan 20k dengan pembayaran gopay sakses membuat saya untuk mengeksekusinya. Yes, 48k dapat edifier h185.


Packing nya bagus memang setara dengan earphone diatas 100k. mirip sekali dengan packing JBL c100si atau sennheiser mx400ii. Perpaduan kertas karton dengan mika yang cantik membungkus earphone yang ada di dalam. Kita mulai ke kualitas kabel. Kabelnya tidak tebal cenderung tipis namun kualitas jacket nya bagus dan lentur. Jack berbentuk L dengan gold plated. Splitter yang xoxo tapi ada splitter tambahan yang bisa digeser atas bawah menyesuaikan panjang kabel yang dipasang ke telinga. Ini bagus dan sangat berguna ternyata. Housingnya sangat unik dan nyentrik. Tidak ada yang menyerupainya. Tulang housing yang menceng kanan kiri namun simetris, warna yang mencolok, disempurnakan dengan branding edifier, kelihatan unik dan syantik. Fitting di telinga nyaman karena ukurannya yang sedikit lebih kecil dibanding housing earbud sejuta umat. Overall mantab surantab lah.



Earbud ini sekarang menjadi daily driver saya setelah kanibalan Kube. Earbud ini sekarang menjadi salah satu earbud ter favorit saya. Sound signature yang mantab membuat saya berfikir kenapa saya tidak beli ini dari dulu saja. Semua sektor lovely banget di telinga saya. Bass nya yang tidak berlebih namun sangat bulat, mid nya yang terasa sedikit maju di depan terdengar sangat sweet, trebel nya yang extend dan sangat bening namun tidak pedes, adalah perpaduan yang nyaris sempurna. Detail nya sakses membuat saya senyum2 sendiri. Bassnya tidak punchy namun tight, tidak besar namun teksturnya bagus, mudah diajak di speet tinggi seperti metal double pedal. Bahkan saya yang dulunya tidak bisa menikmati music metal, dengan edifier h185 ini saya jadi keranjingan metalan. Soundstage pun terasa luas, separasi antar instrumen baik, dan kadang bisa muncul suara2 ghaib yang tidak bisa dimunculkan di earphone saya sebelum2 nya. Earbud ini cocok sekali untuk akustik, vocal, metal rock. Untuk EDM dan dangdut koplo masih bisa di nikmati meski bass nya tidak terlalu jedag jedug. Dengan memodifikasi earfoam kita bisa mendapat impresi yang berbeda beda dan cukup terasa langsung di telinga. Dengan earfoam bawaan karakter seperti diatas langsung bisa kita nikmati. Mau tambah cring lagi? Ganti earfoam dengan earfoam aftermarket berbentuk donat. Mau high nya lebih teredam, ganti dengan earfoam aftermarket biasa. Saya lebih suka earfoam donat karena high nya sangat memanjakan kuping saya.


Seperti yang saya bilang, kenapa saya tidak membeli ini sejak dulu. Mengartikan bahwa earbud ini memang sangat berkualitas. Harga 100k pun masih cukup worth untuk dibeli. Karakter suaranya yang yess banget, desainnya yang unik, adalah keunggulan earbud ini. Apalagi dengan harga dibawah itu, jangan pikir panjang untuk meminang. Untuk anda basshead dan tidak suka karakter suara bright sepertinya kurang sedikit cocok meski bass yang dipresentasikan cukup bulat. Bagi anda penyuka vocal, trebel, dan detail, ini edifier h185 adalah yang anda cari. Coba saja kalau gak percaya. Semoga berguna..

Disclaimer : impresi diatas bersifat subjektif. Semua berdasar pada kuping, otak, dan hati saya. Lubang kuping tiap orang berbeda, isi otak orang berbeda, dan hati nurani setriap orang berbeda. Saya bilang bagus belum tentu baik pula bagi anda. Intinya percaya sama kuping, otak, dan hati nurani anda sendiri. Impresi ini hanya bisa menjadi sedikit referensi anda sebelum membeli.

Regards,

waw

















No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?