visit on my page

Wednesday, December 26, 2012

Bahaya Jas Hujan Jenis Ponco/Batman

Jas hujan atau mantel hujan atau rain coat merupakan bawaan wajib para biker. Pada jok motor, kecuali peralatan kunci pas untuk membuka common part, jas hujan juga harus dijadikan penghuni wajib. Jaman sekarang musim tgidak bisa ditebak. Kadang panasnya ngenthang-ngenthang, sesaat kemudian turun hujan. Walaupun Anda termasuk type orang yang “lebih baik berhenti” saat bertemu hujan di jalan, namun Anda akan memerlukannya pada saat tertentu. Ada beberapa jenis jas hujan. Ada yang berbentuk pakaian (jaket dan celana panjang), ada pula yang berbentuk ponco (biasa di kenal dengan jas hujan batman). Warna dan corak pun beragam. Bahan dasar yang dipakai pun berbeda-beda. Namun, bagaimana sebaiknya jas hujan yang aman untuk dipakai? Mari kita kupas bersama.

IMHO, dari kedua jenis jas hujan yang banyak dipasarkan, jas bentuk pakaian lah yang lebih rekomended untuk dipakai. Hal ini bukan tanpa alasan, banyak hal-hal negative yang ditimbulkan dari jas hujan jenis ponco atau batman, seperti :
  • Jas hujan ponco tidak menutupi seluruh bagian tubuh. Yang paling terasa terkena hujan adalah bagian lengan tangan. Jika anda memakai jaket atau pakaian lengan panjang, maka Anda dipaksa untuk menggulung pakaian panjang Anda, atau merelakan pakaian tersebut basah terkena hujan. Jika anda tidak pakai pakaian panjang, maka anda akan merasa kedinginan karena tangan akan langsung terkena air hujan. 
  • Meskipun jas hujan ponco lebih efisien, pemakaian mudah dan cepat, atau bahkan bisa sekaligus dapat dipakai untuk boncenger, namun penumpang Anda tidak akan merasa mendapat manfaat jas hujan Anda yang jenis ponco tersebut dengan maksimal. Pasalnya, kaki boncenger masih terkena air saat hujan dan angin menerpa dengan cukup deras. Belum lagi boncenger diharuskan untuk memegang sayap batman ponco agar tidak mengibas kemana-mana. Dan itu sangat membahayakan pembonceng. 
  • Bukan itu saja, lambaian sayap batman juga dirasa sangat mengganggu biker dibelakang Anda. Kibasan jas hujan ponco cukup merecoki pandangan biker dibelakang sehingga dikhawatirkan focus berkendaranya akan turun. 
  • Ini yang mungkin paling berbahaya. Lambaian jas hujan batman bisa saja nyangkut di roda/rantai motor saat berkendara. Jelas jika hal tersebut terjadi, fatal lah akibatnya. Maka lebih baik anda menduduki bagian belakang jas hujan jenis ini jika terpaksa menggunakan. Lebih baik lagi ganti jas hujan anda dengan jenis pakaian.
 
Meskipun harga jas hujan jenis pakaian mungkin lebih mahal, namuan jelas tingkat keamanan lebih tinggi dari pada jenis ponco. Meskipun jas hujan jenis pakaian disinyalir menyusahkan jika kita membawa tas ransel yang besar, ini bisa disiasati dengan membeli jas hujan dengan size yang besar. Pilih juga bahan yang bagus agar tidak mudah robek. Semoga berguna…
 

Regards,

waw

Link Terkait :
-->

4 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?