Memang lumayan santer desas-desus
dari para pemerhati motor di Indonesia bahwasanya akan hadir motor matik
adventure atau off road ke tanah air. Yup, tercatat kedua pabrikan motor terbesar
di Indonesia disinyalir sedang bersiap-siap untuk itu. Honda sedang berkemas
untuk menghadirkan Zoomer X dan Yamaha tak mau kalah dengan berencana memboyong
TTX. Nah, walaupun kans
motor type ini tidak lah se-asoy matik entry level, namun dapat menjadi line up
pelengkap dari produk2 yang sudah ada. Tentunya Yamaha ataupun Honda akan
kecolongan jika terlambat menguasai segmen motor matik offroad ini. Satu
pertanyaan yang sering muncul, mesin apa sih yang mungkin dicangkokkan pada
body zoomer x ataupun TTX nantinya?
Mesin Zoomer X |
Mesin Beat FI |
Banyak yang menerka motor matik off
road akan dipasangi engine berkapasitas 125 CC atau bahkan lebih. Yah, demi
mendapat aura yang pas dan mumpuni melibas jalanan ekstrim. Mosok motor ofroad
kok mesine sak iprit. Namun, menurut saya tidak saya menerawang kok kemungkinan
besar motor2 matik adventure tersebut
akan diinstall mesin matik entry level. Yup, bisa saja TTX ditermploki mesin
Mio-J, sedangkan Zoomer x ditempeli mesin Beat FI. mengapa bisa seperti itu? Hal-hal
berikut mungkin bisa menjadi alasan.
Di Thailand, volume Silinder Zoomer
X hanya 108 CC dan Yamaha TTX 115 CC
Dengan kapasitas mesin setara dengan
matik entry level, kedua kuda besi itu pun sudah dapat dijuluki motor penakluk
medan ekstrim. Akan sangat mungkin Honda dan Yamaha juga memakai displacement mesin
yang serupa untuk Zoomer X Indonesia dan Yamaha TTX Indonesia.
Mesin entry level sudah melalui proses
riset panjang
YM Jet Fi pada Mio-J dan juga PGM FI
yang tersemat pada Beat FI sudah pasti telah melalui proses panjang di dapur
RnD. Proses tersebut tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit bro. Dari pada susah
meriset kembali mesin yang baru, mungkin lebih efisien memakai barang yang
sudah ada dan terbukti advance.
Pemakaian mesin matik entry level akan
menekan cost
Selain tidak perlu waktu dan biaya
riset mesin baru, sudah menjadi rahasia umum jika memproduksi barang dengan
jumlah massal akan semakin mempersempit keuangan. Dan ini bisa saja dilakukan
untuk kasus motor matik offroad yang dipasang mesin matik entry level.
Image type ini diciptakan bukan pure
sebagai motor matik offroad
Yah, bisa saja pabrikan menghadirkan
motor type ini ke tanah air hanya karena alasan mode. Maksutnya adalah motor
diciptakan untuk commuter biasa, namun mengetengahkan desain offroad. Jadi,
pabrikan lebih menekankan pada aura desain ofroad tersebut daripada aura
performa mesin. So, tidak wajib lah untuk menggunakan mesin berkapasitas besar.
Nah, itu beberapa alasan jika memang
benar motor matik offroad nantinya dipasangi mesin matik entry level. Hal itu
bisa saja terjadi, tapi mungkin juga tidak, Namanya juga cuma terawangan. Yang penting
ada alasan yang masuk. Jangan hanya bisa pokoke saja tanpa mengutarakan alasan
yang masuk akal. Matik offroad memakai mesin matik entry level, menurut Anda
bagaimana? Sutuju atau tidak? Monggo urun rembug di kolom komentar… Semoga
berguna…
Regards,
waw
rak iso nggo ngarit
ReplyDeletengarit yo nganggo arit to mas brow
Delete