visit on my page

Saturday, November 9, 2013

Kick Andy 08 November 2013 (undang-undang baru untuk rakyat kecil)


Kick Andy memang satu acara TV yang cukup banyak digemari. Apalagi bagi para mature yang haus akan inspirasi. Tiap episode nya pasti akan banyak yang menanti. Saya sebenernya bukan penggemar Kick Andy sejati, namun sangat cukup menikmati acara ini. Seperti seri Kick Andy tadi malam (08 November 2013) yang menurut saya sangat informatif sekali. Bertajuk “pejuang hak rakyat kecil”, episode ini pun menguak fakta tentang peraturan yang selama ini dianggap mengekang menjadi lebih longgar. Ada beberapa catatan yang dapat diresume dari tayangan talk show tadi malam itu. Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi imho tak sedikit orang yang kurang mengerti. Yah, setidaknya  buat pengingat penulis saja. Catattan tersebut diantaranya adalah :

1. Pekerja yang tidak di beri gaji selama 3 bulan berturut-turut bisa menuntut PHK (untuk dpt tunjangan)
Tak dipungkiri banyak sekali tenaga pekerja yang tidak diperlakukan sebagaimana mestinya. Ada yang gaji mereka belum dibayar berbulan-bulan, ada yang dipecat karena alasan yang kurang logis. Ada pula yang diPHK namun tanpa uang pesangon. Dan masih banyak serentetan kasus lain. Nah disini ada seorang pejuang wanita dari kalangan pekerja yang memenangkan gugatan hingga mahkamah agung. Wal hasil ada penambahan pasal di undang-undang ketenaga kerjaan. Pasal tersebut mengatur bahwa pekerja berhak menuntut PHK jika mereka tidak mendapat gaji setidaknya 3 bulan berturut-turut. Dan tentunya PHK tersebut akan mendapat pesangon dari perusahaan. Ini akan menjadi penting saat anda telah bekerja bertahun-tahun pada suatu perusahaan dan tak ada prospek bagus di perusahaan itu selanjutnya.

2. UN (Ujian Nasional) sudah tidak 100% penentu kelulusan
Seorang bapak terinspirasi menggugat peraturan kemendiknas saat anaknya yang cukup berprestasi tidak lulus UN. Tentu saat itu si anak tidak lulus SMA dan harus masuk kejar paket C hanya karena nilai UN matematika yang kurang memenuhi standar. Memang UN seakan menjadi momok paling menakutkan bagi siswa. Dan, bunuh diri bisa menjadi hal yang lumrah sebagai taruhan ketidak lulusan UN. Hingga akhirnya seorang bapak tersebut bersama para aktivis pendidikan memenangkan gugatan hingga pengadilan tingkat tinggi dan menghasilkan peraturan baru di dunia pendidikan. Yup, UN kini tidak 100% lagi menjadi tolok ukur kelulusan siswa. Porsi kini menjadi 60% UN dan 40% prestasi selama menimba ilmu di sekolah. Kini UN pun bukan momok yang paling menakutkan lagi.

3. Pembuatan akte yang dulunya bayar dan kena denda jika telat (pake sidang) kini gratis walaupun telat
Sebuah keluarga dari kalangan bawah di surabaya menjadi korban akan kebijakan pembuatan akta kelahiran putra putrinya. Dan dengan perjuangannya (dibantu anggota DPRD Prov), akhirnya didapatkan kebebasan membuat akta kelahiran. Yup, dulu anda akan mendapat denda jika kepengurusan akta kelahiran mengalami keterlambatan lebih dari 1 tahun. Dan bukan itu saja, diluar denda anda juga diharuskan mengeluarkan biaya lebih untuk persidangan. Dan kini, berkat jasa bapak tadi dan dibantu naggota DPRD provinsi surabaya, anda lebih mudah mengurus akta kelahiran. Pengurusan akta kelahiran sekarang tanpa biaya dan tanpa denda sepeser pun.

4. Kendaraan hilang di tempat parkir? Anda bisa menuntut ganti ke pengelola (jakarta)
Seorang pengacara kontoversial yang mempunya hoby menggugat kasus yang menurut awam ‘tidak penting’ telah memenangkan gugatan terhadap pengelola parkir. Pasalnya kliennya kehilangan mobil di tempat parkir. Dengan perjalanan yang cukup panjang akhirnya beliau memenangkan gugatan dan pengelola parkir pun mengganti nominal senilai mobil yang hilang saat parkir. Dan bagusnya, hal tersebut pun diberlakukan di semua parkir di daerah Jakarta. Jadi jika anda kehilangan kendaraan di tempat parkir (resmi), anda berhak mendapatkan ganti rugi senilai kendaraan anda yang hilang. Namun, sayangnya peraturan itu baru berlaku di prov DKI Jaya.

5. Pesawat delay, mendapat kompensasi (boleh paksa untuk pindah penerbangan meski beda maskapai)
Sang pengacara tadi pun berhasil memenangkan gugatan terhadap maskapai penerbangan yang saat itu beliau penah pernah mengalami delay penerbangan. Singkat cerita, muncul peraturan resmi jika anda mengalami pengunduran jadwal penerbangan (delay), maka anda berhak mendapat kompensasi dengan penggantian penerbangan yang sesuai jadwal meski dari maskapai lain dan atau mendapat kompensasi berupa uang tunai.

6. Bisa tuntut provider yg nekat memberi layanan yg tidak diminta
Jika anda mengalami kejengkelan karena pulas anda tersedot oleh provider karena layanan yang tidak pernah anda daftar, kini anda bisa bernafas lega. Yup, lagi-lagi pengacara tersebut diatas lah biang keladinya. Pengacara itu pun sukses menggugat salah satu operator jaringan seluler sehingga mendesak pemerintah terkait untuk menghapus semua layanan yang tidak pernah direquest pelanggan.

Beberapa peraturan memang agak asing kita dengar. Atau baru saja kita dengar. Dan itu lah yang saya rasakan saat menonton episode kick andy kemarin. Ooo, peraturannya jadi gitu ya?? Gumam dalam hati saya. Jika anda sempat melihat, pasti sebagian besar dari anda akan mengalami hal yang sama. Nah, jika anda tidak berkesempatan mantengin tivi, tersebut diatas adalah (kurang lebih) resume nya. Semoga berguna.
 
Mohon maaf jika nomer undang2, perpu, perda, dan lain-lain saya tidak bisa mencantumkan. Untuk lebih detailnya silakan menghubungi mbah gugel atau para ahli. Yang utama dulu adalah esensinya.
advertisement


Regards,


waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?