visit on my page

Thursday, May 31, 2018

Pempek Legendaris di Bandar Lampung "Pempek Rusdan"


pempek memang terkenal dari Palembang. namun tahukah anda bahwa dulu saat pempek lahir Palembang masih satu daerah dengan Lampung? yup, dulu propinsi Sumatera bagian selatan meski berpusat di Palembang namun cakupannya hingga Lampung. maka jangan heran kalau di Lampung juga buanyak pempek berserakan. Mau pempek jenis apa aja juga ada. bahkan penjual gorengan di pinggir jalan pasti ada pempek nya. pokoknya pempek di lampung itu udah kayak bakwan kalo di jawa. mainstream banget.


nah, mari kita mengenal lebih jauh pempek yang paling legendaris di Bandar Lampung. orang Lampung pasti tahu Pempek Rusdan. di daerah sawah lama, sekitar 5 menit dari Chandra Karang. jalan depannya tidak cukup lebar. hanya pas untuk sisipan 2 mobil mpv. makanya kalau ke sini pake mobil harus mepet bener parkirnya. lapaknya jauh dari kesan mewah. sangat sederhana. kayak warung warteg gitu deh. hanya saja di sini yang tersaji serba pempek.



pempek disini kalo boleh saya bilang adalh pempek kere. ya gimana lagi lha wong harganya saja 700 rupiah per potong. sama kayak harga gorengan. padahal pempek selazimnya dibanderol 2 ribuan ke atas lah. tapi memang harga kere sesuai dengan rasanya yang merakyat. masih ada lah sedikit aroma2 ikan meski memang dominan tepung. dengan cuko yang "curah" banget, menambah nuansa kere yang sangat legend. untuk lidah kere sudah cukup hore lah dapat asupan makanan kek gini. awalnya sih agak aneh, namun kalau udah terbiasa bisa nagih juga tauk.
pempek di sini pun juga macem macem jenisnya. lenjer, selam, dan apalah saya juga gak hapal. tapi sangat lngkap kok. tapi ya itu, semuanya adalah pempek kere. tak ada dijual disini pempek premium.



meski begitu, pempek di sini cukup mengena di hati masyarakat. pasalnya, pempek di sini sering kali dijadikan buah tangan untuk sanak saudara di luar kota atau bahkan luar pulau. disamping harganya yang sangat ekonomis, rasanya kerenya itu tidak bisa terlupakan. biasa dibungkus besek, pempek basah yg sudah ditaburi tepung kanji dibawa untuk oleh2. sesampainya di tujuan, tinggal potong2 dan goreng deh.
biasanya satu besek penuh gitu bisa diisi dengan pempek seharga 50 ribu hingga 100 ribu, tinggal kita pesannya bagaimana. selain pempek, banyak juga dijual aneka camilan oleh2 khas lampung yang cukup menjadi pelengkap besek an pempek.

kalo kalian sudah sampai lampung, jangan lupa ah mampir ke pempek legend ini. semua orang bandar lampung tahu kok. jangan jajan nya di tempat mahal mulu. tempat2 kek gini juga wajib dikunjungi. kalo lidah cocok, bawa pula satu besek untuk dibawa pulang.

Regards,

waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?