visit on my page

Saturday, September 22, 2018

Nongkrong asoy di bendungan tembalang

Setelah lama tidak main ke komplek almamater, saya waktu itu berkesempatan untuk muter2. Yah, sekalian bermaksud nostalgia. Dan, ternyata setelah hamper 10 tahun cabut dari sana (baca DO terhormat, atau baca lulus tapi dalam waktu yang lama), wajah tembalang sudah manglingi alias bikin pangling. Betapa tidak, sudah banyak bangunan bangunan baru dan bangunan yang sudah ada pun banyak yang sudah bersolek. Hmmhh, kurang gaul saya selama ini ternyata.




 Salah satunya adalah Waduk Pendidikan Diponegoro. Letaknya di area atau komplek kampus UNDIP Tembalang, tepatnya di samping stadion Universitas Diponegoro. Lurus saja jika sudah sampai persimpangan stadion. Anda akan disambut oleh gapura dan dari sana sudah terlihat waduk dan bendungannya. Bendungan ini memang terkesan mini, tinggi tubuh bendungannya adalah 22 m. waduk ini mampu menampung genangan air normal sampai 13.500 m persegi dengan luas daerah tangkapan air mencapai 10,24 km persegi. 



Sekian ulasan teknisnya. Waduk Pendidikan Diponegoro ini ternyata dimasudkan untuk berbagai peruntukan diantaranya sebahai waduk laboratoriom Teknik sipil, kimia, dan lingkungan, serta kelautan dan perikanan. Selain itu, meski mini bendungan ini ternyata juga sebagai sumber tenaga pembangkit listrik. Dan yang tidak ketinggalan tentunya bias untuk tempat rekreasi. Pasalnya ada saja bahkan tidak sedikit masyarakat sekitar yang main-main ke area waduk seharga 42 milyar ini. Tapi, yang sebenarnya maksut dibangunnya waduk ini adalah sebagai penjaga keseimbangan ekosistem dan lingkunganserta pengendali banjir di kawasan kampus UNDIP Tembalang.



Waduk sebagai tempat rekreasi memang bukan isapan jempol belaka. Kongkow di sini cukup menyenangkan. Mau Bersama saudara, keluarga, ataupun pacar. Suasana asri dengan pemandangan air sungguh terasa nikmat. Selain tempat kongkow, ternyata banyak mincing mania yang menyambangi waduk ini. Mau gelar Kasur eh tikar di rumput monggo, mau klesotan di  aula juga silahkan, pasalnya ada bangunan seperti aula mungil biasa sebagai tempat perkumpulan atau arisan.

Jika anda melintas di area Tembalang, jangan lupa singgah di mari. Rekreasi asik nan gratis.

Regards,

waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?