visit on my page

Tuesday, September 18, 2018

Pengalaman retur barang d Lazada

 Produk ini adalah produk perdana yang saya beli untuk kelengkapan aksesori MI4C. yang kita tahu bahwa HandHeld tersebut memang tidak menyediakan slot memory eksternal. Dan beruntungnya lagi punya saya adalah varian yang kere yakni memory internal 16GB. Jangan bilang lumayan, angka segitu masih dipotong untuk system hingga didapat nilai akhir ketersediaan memory internal 9 hingga 10 GB. Nah, bisa buat apa memory internal segitu? Tapi dengan adanya OTG, setidaknya masih bisa oper content digital dari dank e smartphone. Dan, belum selesai juga saudara-saudara… karena MI4C termasuk smartphone yang “sok” modern, maka saya harus mencari USB OTG (on The Go) dengan port type C. gak ngerti? Itu port type yang kekinian lah pokoknya…
 Singkat cerita, karena USB OTG type C itu menurut saya barang wajib untuk MI4C, maka saya pun tak buang waktu langsung hunting di olshop (andalan baru cara saya berbelanja). Akhirnya tersesatlah saya ke salah satu olshop terbesar di dunia. Yup, LAZADA. Ada USB OTG type C yang harganya miring namun tampilannya kece. Pantengin sedikit review, langsung checkout. Wew… bisa COD gan… meski barang hingga 56 hari baru dating tapi saya cukup antusias menerimanya. Bayar kurir, langsung unboxing. Tapi lupa gak bikin videonya.

Yihaaa… bisa oper kanan oper kiri content digital nih. Jadi gak sesek lagi deh memory internal. Langsung eksekusi untuk pindah lagu2. Lho, eh, lho eh, kok gak terbaca flashdisk saya?? Apa MI4c gak support OTG?? Langsung deh saya nguber mbah google untuk dapat jawaban. Dan jawabanya, “ya masak smartphone sok modern gak support system lagu lama?” ya bisssa lah…

Coba ganti flashdisk… dan, hasilnya masih sama. Coba ke laptop orang yang ada colokan USB type C nya. Dan gak terbaca juga sodara-sodara. Fix ini USB OTG yang gak support ke MI4C saya. Langsung muka saya merah pengen bakar tu seller (meski harga barangnya Cuma seharga nasi padang hehe). Yang pasti tu barang saya banting… ke kasur. Buka-buka lagi lazada. Ternyarta memang ada beberapa buyer yang mengalami hal seperti saya. Dan, aseknya, ternyata tu barang bisa diretur. Biaya retur ditanggung lazada lagi. Oke lah, bisa dicoba.

2 minggu sudah waktu berlalu sejak pembelian USB OTG. Dan baru hari tersebut saya bisa mengurus retur barang yang harganya kayak pulsa 20 ribu… wkwkwk. Saya screenshoot form retur dari app yang saya buka via hp, minta tolong prink e istri, dan langsung bungkus untuk dibawa ke kantor pos. kenapa prinscreen? Karena saya gak ada computer atau laptop. Kenapa minta tolong istri buat ngeprin? Karena computer aja gak punya apalagi printer. Kenapa harus ke kantor pos? ya menurut saya prosedur paling “gratis” ya melalui kantor pos.

Masuk kantor pos, ambil antrian, menuju loket, untung petugas loket nya cewek. Lha kenapa kalo cowok? Lha kalo situ cowok, suka petugas loket cewek atau cowok? Hehe… kemudian saya sodorkan nomor antrian dan segumpal, eh sekotak, eh apalah pokoknya itu barang yang mau saya retur dan sudah saya kemas bersama prin form retur yang sudah saya prin sebelumnya. 
“mas, ini gak bisa retur”. 
‘lha kenapa mbak? Kan paling lambat besok?’. 
“bukan itu, soalnya form yang di prin ini salah. Barcode nya gak bisa diinput. Pasti nanti gak sampai tujuan”.
‘lha piye to? Ini kan saya sudah sesuai prosedur retur.’ (lho ngapain saya ngomong gitu, padahal mbaknya kan Cuma petugas loket kantor pos’.
“anu mas, harusnya form returnya diprin dari desktop. Soalnya keluaran barcodenya berbeda”
Nah loo, mbaknya canggih kan.. tahu kan… tjakeep.. eh. Maksutnya pinter.  “yaudah mbak, proses aja, kalaupun hilang atau gak nyampe, atau gak diganti juga gak apa-apa. Barang murah ini. Ciyeee…”
“oke mas, langsung saya proses…”
‘mohon bantuannya ya mbak (sambil nyodorin amplop yang gak ada isinya) hehe… ‘
Dan memang bener, retur ini geratis. Hanya keluar biaya bengsin dari rumah ke kantor pos saja. Makanya saya gak mau rugi (pokoknya petugas loketnya kudu cewek) hahahaha

Selang 4 hari ada email masuk. Bahwa barang retur saya sudah sampai… tuu kaan, untung saya nyodorin amplop. Tinggal tunggu 3 hari untuk mendapat ganti nya. Tapi, keesokan harinya saya dapat email lagi bahwa barang saya tidak bisa diganti dengan barang yang sama, tapi akan diganti nominal uang seharga barang tyersebut tapi dalam bentuk voucher. Hmmhh, ini mah akal-akalan lazada aja. Yowes, daripada ruwet langsung saya klaim saja tu voucher.
Voucher langsung saya belanjakan USB OTG type C juga tapi dengan harga yang lebih muran dan gak ada mereknya. Biarin, kalo gak jalan ya nyari offline aja. 4 hari berselang, ada paket dating. Unboxing, dan USB OTG type C sudah dating. Langsung colok ke MI4C. nah, kan gak terbaca lagi. Ganti flashdisk, yess terbaca sodara-sodara. Ternyata tu USB OTG tidak semua flashdisk bisa dia baca. Tidak tahu model flashdisk yang seperti apa saja yang bisa atau tidak biisa dibaca. Pokoknya punya saya Toshiba putih 8GB bisa dibaca, selain itu tidak.

Well, sebaiknya beli barang yang mahalan dikit namun kualitas terjamin daripada ribet (bagi kalian yang bunay budget banyak). Bagi yang kere, ya semoga beruntung mendapat barang yang oke dengan harga yang kere. Jangan khawarit pula belanja di Lazada, barang bisa diretur meski gantinya bisa berupa voucher saja.. hehe..
Semoga berguna,

Regards,

waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?