visit on my page

Monday, July 23, 2012

Hati-hati Mencuci Motor Injeksi

Bro n Sis pecinta motor sekalian, mungkin ini adalah masalah sepele yang jarang orang memperhatikan. Namun dari masalah sepele seperti ini, biasanya menimbulkan masalah yang tak atahu ujungnya alias ‘serius’ bin gawat. Pernah saya mengalami setelah motor saya dikucek-kucek disemprot2 dan di gosok2, malah justru tidak bisa nyala walaupun pake tendangan maut nya satria baja hitam untuk menjalankan kick starter. Alhasil kudu kuras isi karburator agar mesin motor bisa berdendang. Pasalnya karburator kemasukan air saat prosesi siraman. Lha terus bagaimana jika prosesi sacral tersebut dijalani oleh motor bermesin injeksi?



Walaupun kemungkinan besar pabrikan sudah mengantisipasi segala bentuk terpaan air yang akan diterima body mesin injeksi, namun jika air yang disemprotkan ke bagian mesin tekanannya terlalu tinggi maka tentu akan dapat berakibat buruk. Tidak hanya itu pada mesin karbu, namun juga mesin injeksi. Mesin karbu tidak akan terlalu menemui kesusahan menguras air yang masuk ke dalam karbu lewat sela2 kabel gas, dll. Lha kalo mesin injeksi yang kemasukan air? Mesin dirancang untuk tidak ‘kemasukan air’ namun dengan toleransi tertentu saja. Makanya saat PDI atau penyerahan motor baru, biasanya dijelaskan bagaimana memperlakukan siinjeksi pada prosesi pembersihan. Misalnya larangan pemakaian alat semprot denagn tekanan melebihi sekian, atau dianjurkan untuk tidak membuka jok saat siinjeksi mandi, dan lain-lain.

Memang perlakuan motor yang berbeda jenis, harusnya juga tidaklah sama. Kalu kita kurang paham, tentu akan terjadi hal yang tidak diinginkan pada tunggangan. Sebaiknya perhatikan saat petugas PDI menjelaskan prihal motor baru anda. Atau setidaknya baca buku panduan motor agar kenal dan dekat dengan karakteristik motor anda. Buku pedoman motor biasanya hanya tergeletak tak tersentuh hingga motor mengalami masalah.
Semoga berguna…
Advertisement
-->
Ilustrasi Gambar = Google


Regards,

2 comments:

  1. Tu kan injeksi rewel..
    buktinya kudu pake hati2 segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bakal rewel kalo perlakuan nya tidak sesuai yang dianjurkan bro

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?