visit on my page

Friday, October 19, 2012

Dampak Global Adanya Mobil Murah (LCGC) di Indonesia

Santer berhembus kabar bahwasanya akan dijual mobil murah di indonesia. Hal ini memang bukan hanya isapan jempol belaka. Keseriusan para ATPM roda 4 untuk menyediakan mobil dengan harga terjangkau memang sudah menjadi kenyataan. Beberapa waktu lalu pabrikan yang moncerrrr dengan avanxenia telah memproklamirkan diri telah memproduksi mobil LCGC (Low Cost Green Car) alias mobil murah nan ramah lingkungan. Mereka dengan sangat yakin akan membanderol dengan harga hingga separuh produk terlarisnya itu. Tinggal menunggu regulasi dari pemerintah saja unutk mengumumkan nominal harga yang akan dipasang. Dan menurut kabar yang beredar pula, ATPM lain juga akan mengekor dengan memproduksi mobil LCGC. Hal ini tentu sangat membuat rakyat Indonesia berbahagia. Bagaimana tidak impian unutk mempunyai mobil semakin dekat. Meskipun harganya masih mahal… hehe… namun begitu, ternyata jika regulasi pemerintah akan mobil LCGC ini lancer jaya, maka ada beberapa hal yang menjadi dampaknya. Apa saja dampak mobil murah tersebut? Mari kita bahas bersama.




 PENJUALAN MOBIL
Karena ini segmen mobil, maka penjulan mobil lah yang akan mendapat cipratan dampak yang pertama. Namun tidak semua sector penjualan mobil terkena dampak dari regulasi LCGC ini.


MOBIL BEKAS UNTUK TYPE CITY SANGAT TERKENA DAMPAKNYA
Penjualan mobil bekas supah pasti akan menelan pil pahit. Tapi disinyalir tidak semua type mobil bekas terkena dampak. Mobil bekas jenis city car adalah segmen yang paling terpukul. Selisih harga yang tipis dalam satu type otomatis menggiring calon pembeli city car membeli mobil yang baru. Namun dengan adanya perkembangan bursa mobil bekas tentu segmen mokas city car akan kembali ideal.

MOBIL BARU UNTUK TYPE CITY TIDAK TERLALU TERKENA
Berbeda dengan mobil bekasnya, mobil city car yang baru akan terkena dampak namun tidak terlalu terasa dibanding versi bekasnya. Fitur yang tentunya lebih dan sama-sama baru cukup menjadi alasan orang unutk membeli city car yang tidak murah. Factor ‘tidak ingin dicap sebagai pemilik mobil murah’ juga bisa menjadi pemicu konsumen segmen ini urung membeli mobil LCGC.

MOBIL JENIS LAIN RELATIF AMAN
Karena mobil LCGC berada di segmen city car, tentu mobil pada segmen yang lain dapat dikatakan agak aman. Namun jika mobil LCGC ini menjadi trend an popular di jagad permobilan Indonesia, bukan mustahil akan menggerogoti market share mobil pada lain segmen. Sepertihalnya kepopuleran motor matik yang menggerogoti market share motor type lain.


PENJUALAN MOTOR SEDIKIT DIRECOKI
Meskipun ini berbicara mobil, bukan berarti penjualan motor akan aman-aman saja. Karena sama-sama sebagai alat transportasi, maka keduanya pun saling berpengaruh. Namun tidak akan sebesar pengaruh kepada penjualan mobil yang memang langsung satu rumpun.

MOTOR PREMIUM (TIDAK TERPENGARUH)
Motor premium disini adalah motor gede alias motor yang diatas 250CC. kebanyakan profil konsumen motor ini membeli motor hanya karena hoby. Dan sebagian dari mereka pula sudah mempunyai kendaraan roda 4 dirumah. Singkat kata konsumen motor premium membeli motor hanya sebagai pelengkap alat transportasi dan pemuas hoby riding jika bosan dengan stang bundar.

MOTOR SEMI PREMIUM (LUMAYAN)
Nah, beda dengan motor semi premium (kisaran 150 CC– 200CC) yang memang sebagian dari pemiliknya belum memiliki mobil dirumah. Bagi yang telah memiliki mobil, maka mereka membeli mobil pada segmen ini memang sebagai pelengkap alat transportasi saja. Namun jika mereka belum memiliki mobil, maka mereka akan berfikir untuk membeli alat transportasi yang nyaman (tanpa kepanasan & kehujanan) dibanding membeli motor.

MOTOR ENTRY LEVEL BISA JUGA TERKENA
Walaupun konsumen motor di segmen ini tidak terfikir tentang kendaraan roda4, namun ada beberapa diantaranya adlah profil konsumen yang tidak terlalu memusingkan segmentasi alat transportasi roda 2 dan berpenghasilan lumayan. Maksutnya mereka berfikir yang penting beli motor entah motornya seperti apa. Jika ada profil konsumen sepert itu tidak mustahil mereka juga berfikir hal yang sama tentang segmentasi roda 4. Dan inilah yang memicu mereka untuk tergiur membeli mobil LCGC.

JALAN SEMAKIN TERASA SEMPIT
Bukan hanya pada masalah penjualan saja mobil murah ini berpengaruh. Tentu jika semakin banyak memiliki mobil sedang lebar jalan mesih segitu sajadan  pengaturannya masih begitu saja, dapat dipastikan kemacetan bukan hanya menjangkiti kota besar saja. Kota kecil yang hanya saat tertentu saja mengalami penumpukan kendaraan di jalan akan setiap saat merasakan sempitnya jalanan.


MOBIL SUDAH TIDAK BISA MENJADI UKURAN STRATA SOSIAL
Dulu dan mungkin hingga sekarang mobil dapat dijadikan sebagai identitas orang yang punya duit lebih, maka dengan datangnya mobil murah tidak aka nada lagi pikitan seperti itu.masyarakat menengah yang sebelumnya jarang memiliki tunggangan roda 4, kini dengan dijualnya mobil dengan harga yang relative murah banyak dari mereka yang akan meminang mobil LCGC.

Yah memang kemajuan di sector apapun akan memiliki dampak. Semakin terjangkaunya alat transportasi yang berarti meningkatnya mobilitas manusia, juga memberikan dampak di berbagai hal. Mobil murah namun tidak murahan bro… bagaimana bro, tertarik??
Semoga berguna…
Advertisement
-->
Regards,

Waw

6 comments:

  1. semoga regulasinya beneran jadi mobil murah ni...

    ReplyDelete
  2. LCGC dijual di luar jawa aja gan... biar ga bikin macet di pulau jawa... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan lakunya di pulau jawa gan... masak jual dagangan di tempat yang ga laku sih??

      Delete
  3. Murah itu semana tho mas? saya itu skeptis bakal ada mobil baru di bawah 100 juta. Sekalipun LCGC digulirkan. Buat kebanyakan orang 100 juta itu sudah pasti kredit + pajak tahunan + bensin + tol + perawatan....ujung2nya mending beli R2 semi premium atau R4 second ketimbang LCGC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. At least jika regulasi tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya, mobil LCGC ini tetap dibanderol dibawah mobil yang bukan LCGC bro.
      semua juga tergantung dengan regulasi dari pemerintah, mengenai LCGC ini.

      setidaknya dengan semakin meningkatnya pendapatan perkapita akan semakin mendekatkan masyarakat dengan kepemilikan R4 bro..
      IMHO, R2 semi premium diminati oleh orang yang sudah punya R4.

      cmiiw

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?