visit on my page

Friday, April 12, 2013

RS Mata Permana Sari Bandar Lampung (Satu-satunya RS Mata di Kota Tapis Saat ini)

Siapa sih yang mau sakit? Meskipun pak Meggi sering berkumandang “lebih baik sakit gigi – dari pada sakit hati”, namun menurut saya mending tidak dua-duanya. Tapi musibah bisa datang tanpa diundang. Berawal dari istri yang mengeluhkan jangkauan pandang mata sebelah kanannya ‘agak’ terhalang, kami pun segera mencari dokter sore itu juga. Akhirnya kami temukan dokter spesialis mata yang praktek di salah satu apotik di daelah Teluk Betung Bandar Lampung . Setelah dicek, dokter memberi diagnosa. Diagnosa yang sangat membuat kami kaget sekaligus drop. Retina keangkat kata pak dokter itu. Sang dokter juga menambahkan “hal itu sangat berbahaya dan harus segera ke jakarta untuk operasi, tapi saya kasih obat dulu dan istirahat total seminggu kemudian kontrol lagi ke sini”. Kami segera menebus obat dan sampai di rumah langsung memohon petunjuk mbah google tentang diagnosa dokter spesialis mata barusan. Wow mbah google bilang “ablasio retina / retinal detachment”. Singkat kata kami memutuskan untuk check up ulang, namun ke dokter lain untuk mendapat opini baru. Bisa jadi pak dokter itu gegabah saat mendiagnosa, pikir kami. Saran teman-teman termasuk mbah google jatuh pada RS. Mata Permana Sari Bandar Lampung.

Batu peresmian RS Mata Permana Sari
Halaman depan RS Mata Permana Sari
Ruang parkir RS Mata Permana Sari
Karena dokter yang direkomendasikan tidak terjadwal setiap hari, maka kami datang ke rumah sakit mata satu-satunya di Bandar Lampung itu beberapa hari kemudian. Terletak di Jl. HOS Cokroaminoto No 87 rumah sakit ini ternyata tidak lah luas. Mungkin hanya seluas klinik pengobatan biasa. Interiornya pun juga tidak terlalu wah. Dokter yang praktek juga tidak banyak. Hanya 5 dokter spesialis mata yang terjadwal secara bergantian (lihat pada gambar).  Meskipun begitu, rumah sakit mata mini ini sudah bisa melakukan tindakan operasi. Namun sepertinya hanya tindakan operasi ringan saja yang bisa tercover.
Papan depan RS Mata Permana Sari
Jadwal Dokter praktek RS Mata Permana Sari
Ruang tunggu RS Mata Permana Sari
Pintu masuk ruang operasi RS Mata Permana Sari
Setelah menunggu beberapa saat, sang dokter mata rekomendasi (Dr Aryanti) pun datang. Istri saya menjadi pasien pertama waktu itu. Setelah dicek, diagnosa beliau ternyata berbeda 180 derajat dengan diagnosa pak dokter yang kemarin. Setelah diperiksa dengan pasti, istri saya yang sedang hamil tua masih disarankan untuk persalinan normal. Berbeda dengan pak dokter mata kemarin yang mengharuskan bersalin secara sesar. Oooh, Thanks Allah. Mendengar penjelasan bu dokter mata di rumah sakit permana asri itu pun kami sangat merasa sangat lega. Selain beliau cenderung menenangkan pasien, diagnosanya pun sangat melegakan. Tinggal menunggu saat persalinan saja. Doakan ya gan...
Pintu masuk RS Mata Permana Sari


Tempat pendaftaran pasien RS Mata Permana Sari
Nah, ternyata RS Mata Permana Asri ini memang satu-satunya RS mata di Bandar Lampung. Sangat tertingal dibanding kota-kota lain yang memiliki lebih dari satu rumah sakit mata. Jadi, orang Lampung kalau ingin operasi mata, harus menyempatkan diri ke Jakarta atau Palembang. Namun begitu, bagi anda yang tinggal di Bandar Lampung dan sedang mengalami keluhan seputar mata, Rumah Sakit Mata Permana Asri bisa menjadi tujuan. Dokter nya cukup memadai, jam praktek hingga malam, ruang tidak terlalu lebar namun nyaman, dan ada kios optiknya juga disana. Yah, lumayan lah dari pada lu manyun. Berharap saja dalam waktu dekat berdiri RS Mata yang besar dan lengkap di Bandar Lampung. Amiiin...
Ruang periksa mata RS Mata Permana Sari
Ruang tunggu RS Mata Permana Sari

Kios Optik RS Mata Permana Sari
Kios Optik RS Mata Permana Sari


Tambahan : Setiap siapa saja yang periksa mata dengan keluhan apapun, akan "didudukkan" di kursi seperti gambar bawah ini untuk pemeriksaan mata (minus) walaupun pasien tidak memintanya. Entah prosedur apa ini sebenarnya. Yang jelas, jika mata Anda ada masalah (meski sedikit) akan direkomendasikan untuk membeli kaca mata (di kios kaca mata RS Permana Sari juga). Tak apa lah, bahkan malah bagus untuk mencegah jika mata kita jadi minus atau plus, asal pemeriksaannya memang benar. Dan yang jelas layanan ini sudah termasuk biaya dokter spesialis mata Rp. 90.000,-
kursi wajib pasien periksa mata RS Permana Sari

Regards,

waw

Link Terkait :

28 comments:

  1. ini rs negri atau swasta

    ReplyDelete
  2. Wah! Very helpful. Nice blog! :)

    ReplyDelete
  3. karena postingan agan ini, akhirnya saya tau kalau di bandar lampung ada rumah sakit mata. rs mata ini recommend dari saya. walaupun pengobatan saya belum selesai. tapi emang menurut saya tempat ini benar benar bagus. thanks agan wahyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama2 agan dondi. senang bisa berbagi. mkasih kunjungannya lho.. semoga lekas sembuh broo

      Delete
  4. Kalau kita mw operasi mata kita hrus ke bagian mana dlu gan, tolong dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung daftar aja, kan nanti diperiksa, jika memang butuh penanganan operasi mungkin bisa dijadwalkan atau saat itu juga jika operasinya hanya ringan saja. semoga membantu

      Delete
  5. Terima kasih Pak, informasinya bermanfaat sekali. Keluarga ada yg lagi sakit mata, sudah kebinggungan mau berobat kemana. Nanti mau coba kesini.. ah iya, mau tanya, apakah Pak Wahyu tau apakah RS ini menerima Jaskesmas atau tidak?
    Terima kasih sebelumnya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sangat senang sekali kalo artikel saya membantu.

      sampai terakhir kunjungan saya ke sana blm ada indikasi adanya jamkesmas atau askes atau bpjs. kalau saat ini sih saya tidak bisa bilang begitu. bisa jadi sudah ada.

      namun sebagai referensi saja, bpjs belum pernah memberi rujukan ke sana.

      untuk lebih jelasnya sih telp aja ke RS nya langsung.

      oiya FYI, saya kemaren lewat Jl. Sultan Agung (jalur 2 way halim). ada ruko cukup mewah. dan ada tulisan "Lampung Eye Center" di depan bangunan. mungkin bisa juga tanya2 ke sana masalah RS Mata.

      Delete
  6. Terimakasih pak wahyu atas postingannya sangat membantu sekali terutama kami yg di luar kota b. Lampug.. Tapi kalau boleh saya tanya berapa sih pak total biaya yg harus di keluarin untuk sekali periksa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 pak, senang bisa berbagi. terimakasih sudah mampir.
      wah, sudah lama sekali itu saya periksanya, sudah lupa juga tarifnya. tp seinget saya tidak jauh berneda dengan rumah sakit lain alias standar. sekitar 100k untuk periksa diluar tindakan, sedang tindakan juga tergantung kasusnya. begitu pak, semoga membantu.

      Delete
  7. Apakah di rs permana sari ni menerima pelayanan bpjs..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu waktu berobat di sana blm ada sistem bpjs. info terkini saya tidak tahu pastinya. mohon menghubungi pihak RS langsung.
      thanks

      Delete
  8. Pak saudra saya kena sakit mata radang cairan iritasi. Kira kira kalau berobat berapa biasa mojon pak infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mohon maaf saya bukan karyawan di RS tersebut pak. saya juga mantan pasien saja. jadi info detailnya saya juga tidak terlalu paham.
      silahkan menghubungi pihak RS langsung.
      thanks sudah mau mampir di sini.

      Delete
  9. Ga bisa pake bpjs ya? Tolong balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya kesana blm ada bpjs. Mungkin lain kalo sekarang. Thanks

      Delete
  10. Biaya chek up disana kisaran berapa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat nya saya lupa gan. Tapi masih setara sama rumah sakit biasanya kok. Yang cukup mahal kalo sudah ke dr yg spesialis dan ada tindakan.
      Thanks

      Delete
  11. Disini bisa Operasi mata bintitan kan pak buk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok gan. Bintitan sepertinya hanya operasi kecil. Kecuali bintitan yang perlu penanganan khusus.

      Delete
  12. Biaya periksa mata aja berapa ya kalo boleh tau, mohon infonya dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih relatif terjangkau gan kalau hanya periksa saja. Setara tarif dokter spesialis lah. Kecuali kalo sudah dengan tindakan, itu tergantung tindakannya.

      Delete
  13. Biaya buat operasi bintitan berapa ya kira kira

    ReplyDelete
  14. Ass, pak boleh minta rekomendasi dr yg mana yg lebih kompeten dibanding yg lain. Mksutnya pengambilan keputusan nya yg bertahap.. bukan lgsg menyarankan untuk tindakan kwmungkinan terburuk.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?