visit on my page

Friday, November 1, 2013

Impresi Naik Bus Royal Clas Lampung - Gambir

Interior Bus Royal Clas Lampung
Kemarin saya berencana untuk melakukan perjalanan ke Jakata. Dan salah satu planing yang paling masuk akal adalah naik bus. Tentu pilihan jatuh pada bus Damri Royale Clas, karena bus Siger Kencana sudah lama tak ada kabar. Bukan berarti kalo Siger Kencana beroperasi terus saya memilihnya, namun setidaknya akan sedikit membuat galau. Langsung motor saya pacu untuk membeli tiket. Tiketing Damri yang ada di sebelah kanan gerbang stasiun pun sukses disambangi. Masuk pesen tiket dan poto-poto untuk dishare buat agan semua.
Loket Damri Lampung sekarang sudah rapih
Ruang tunggu loket Bus Damri Lampung
Ternyata ada beberapa perubahan setelah lama tidak melipir ke sana. Pertama tiket, sudah naik harga untuk bisnis, eksekutif, maupun Royal Clas. Contohnya untuk tiket bus berkelir merah alias kasta tertinggi yang sebelumnya dibanderol 165 ribu (setahu saya terakhir kali) sekarang menjadi 205 ribu untuk jurusan Bandar Lampung – Gambir dan sebaliknya. Eksekutif clas dibanderol 175 ribu dan bisnis clas 135 ribu. Daftar untuk jurusan lain seperti ke bandung, bogor, maupun bekasi bisa dicek di gambar terlampir. Kemudian untuk selanjutnya adalah jurusan Damri Bandar Lampung bertambah satu yakni ke Kemayoran. Namun untuk jurusan tersebut baru tersedia untuk kelas eksekutif saja dengan harga tiket yang sama dengan ke gambir. Dan ternyata, Royal Clas sudah sampai Talang Padang lho. Jadi bagi anda yang tinggal di Talang Padang, silakan dicoba. 
Jadwal keberangkatan bus Damri Lampung
Untuk jurusan, harga tiket, jam berangkat, hingga nomor telpon pool bisa anda simak pada poto-poto yang saya lampirkan. Interior ruang tunggu dan bus royal clas juga nampak pada salah satu gambar. 
Nomor telp layanan tiket Damri
Rute baru bus Damri Lampung - Kemayoran
Daftar harga tiket bus Damri Lampung
Lalu bagaimana impresi saat naik Royal Clas? Maklum, ini pengalaman pertama saya naik bus mega eksekutif. Sebenarnya tidak jauh beda dengan kelas eksekutif. Namun yang ini jok lebih empuk, space lebih lebar, dan lebih privasi lagi, yaiyalah hehe. Untuk suspensi saya tidak tidak jauh berbeda pula. Royal clas lebih terasa melayang (mungkin karena aplikasi air suspension). Selebihnya hampir sama dengan kelas eksekutif. Lalu bagaimana dengan fitur-fitur unggulannya? Hmmmh, Saya tidak merasakan adanya multimedia system, alias perangkat audio visual systemnya tidak dinyalakan. Mungkin penumpang bisa menikmatinya jika perjalanan di waktu siang hari. Saya juga tidak menemukan adanya coffee maker, yang saya pergoki hanya dispenser kecil dengan galon mini, rak gelas dengan satu biji gelas plastik dan beberapa saset kopi plus gula. Wifi? Saya tidak menemukan satu jaringan wifi pun saat di dalam bis Royal Clas. Entah lupa dinyalakan atau bagaimana. Yang menjadi nilai plus adalah toilet lumayan terawat ketimbang bus level di bawahnya. Entah juga ini efek karena armada baru atau memang mendapat perawatan lebih. Namun first impression untuk Royal Clas yang saya tumpangi kala itu adalah “biasa saja”. Yah, kompetitor (baca Siger Kencana) sudah tak eksis, pelayanan pun menjadi tipis. Setidaknya itu yang ada di benak saya. Yang jelas konsumen pasti butuh yang sesuai yang ditawarkan, apalagi melebihi jika ekspektasi, itu merupakan bonus tersendiri. Semoga berguna...
advertisement


Regards,

Waw

Link terkait :

8 comments:

  1. b.lampung-bandung harga tiket 225rb naik rtoyal tapi puas dngan busnya.. krna ada stop kontak disetiap atas tempat duduknya. sepanjang jalan bisa online teruuus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi sis.. bis yang ini memang sangat nyaman. stop kontak juga salah satu keunggulan fiturnya. dan saat saya naik memang bisa digunakan (letak stop kontak ada di atas jok di dlm bagasi). namun untuk online sepanjang jalan saya nyerah dah, bisa puyeng ni kepala kalo naik kendaraan sambil maenan hp. paling juga untuk denger lagu sepanjang jalan.. hehe

      Delete
  2. untuk ke bekasi adakah yang royal class, harga tiket berapa dan pukul berapa sampai di bekasi, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bung ya ke bekasi berangkat dari tanjung karang jam 21.00. ane sebulan yang lalu juga pake. sampai bekasi kalo lancar sekitar jam 5an pagi. tiket terakhir sebulan yang lalu 215K.
      btw tq kunjungannya...

      Delete
  3. Kalo dr bekasi...naiknya dimana ya?berangkatnya jam brp dan tarifnya brp? Makasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahu pool damri gan?

      nah, bukan di situ. hehe... tapi di seberangnya sekitar 100-200 meter. deket banget dari pool damri. disitu sekalian agen untuk jual tiketnya. busnya juga mangkal di sono sebelum berangkat. pokoknya kalo dari pool damri bekasi jelan pelan2 lihat sebalah kanan (seberang jalannya pool damri kalo ada bus merah atau biru bertulis royal class berarti ntu tempatnya.

      dari bekasi berangkat malem gan... pernah nyoba juga berangkat dari sana. kalo gak salah berangkat jan 21.00 atau 20.00. coba cekidot langsung aja ke agennya.
      biayanya waktu itu masih 215K (akhir 2013).

      Delete
  4. untuk lebaran sudah bisa diorder sekarang ya gan... ke lampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sepertinya blm bos, mungkin puasa atau menjelang puasa baru bisa diorder. cmiiw
      etapi monggo kalo mau ngecek sendiri ding

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?