visit on my page

Saturday, September 19, 2015

Melancong ke Goa Kreo Semarang

 
Saatnya plesiran... hmm, ini sebenarnya sudah lama sih, tepatnya saat Lebaran kemaren. Entah mengapa yang biasanya tidak ada acara piknik, justru lebaran kala itu ada acara melancong segala. Formasi keluarga lengkap plus ada kung dan uti kidos juga ikut meramaikan suasana. Mendadak melancong lebih tepatnya. Tanpa planing apalagi estimasi langsung cabut dan Goa Kreo yang menjadi pilihan. Menarik, tidak jauh, dan yang penting hati senang.
gerbang waduk jatibarang

jembatan pejalan kaki (tidak boleh ada motor melintas disini)

salah satu ornamen di jembatan Kreo

Terletak di Kota Semarang (kota kelahiran ibu nya kiddos) tempat wisata itu berada. Tepatnya di kelurahan Kandi Kecamatan Gunung pati. Beuh tongkrongannya anak UNNES nih, hehe. Sensasi perjalanan yang mengasyikkan. Berkelok-kelok, naik turrun menjadi santapan perjalanan jika anda akan menuju tempat wisata ini dari kota semarang.  Goa kreo adalah goa yang terbuat oleh alam dan bukan bikinan manusia. Goa ini terletak di tengah-tengah waduk Jatibarang. Sebuah bendungan yang membendung sungai Kreo. Waduk yang dibuat untuk mengatasi masalah banjir dan sekaligus untuk destinasi pariwisata. Goa ini tidak lepas dari sebuah sejarah tentang pertapaan Sunan Kalijaga untuk mendapatkan kayu jati untuk membangun masjid agung Demak. Konon, terdapat banyak monyet ekor panjang disini. Namun entah mengapa saya hanya menjumpai 1 atau 2 ekor saja saat berkunjung kesana.

jembatan penyeberangan sungai Kreo
melewati jembatan nyentrik
perjuangan menapaki ratusan anak tangga

Jembatan unik untuk menyeberangi sungai menuju ke arah goa terlihat nyentrik dan tidak terlihat seperti jembatan biasanya. Jembatan dibuat untuk membuat para pelancong semakin antusias untuk berwisata. Ada pula air terjun jernih yang tidak pernah kering meski kemarau panjang, namun saya tidak sempat ke sana karena sudah letih dan saking berjubelnya pengunjung. Gazebo dan panggung hiburan juga tersedia untuk dinikmati para pelancong. Goa kreo ini lebih tepat jika dijuluki goa mini karena ukuran lubang goa yang kecil hanya bisa cukup untuk masuk 1 orang dewasa. Mbrobos kata orang jawa yang harus anda lakukan untuk memasuki goa. Sebenarnya pengen masuk yang katanya goa itu merupakan tempat parkir para kera, namun situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan akhirnya hanya bisa berfoto do depan goa.
berjubelnya pengunjung saat lebaran

 
 
pemandangan yang segar

boat yang bisa disewa di waduk jatibarang

pemandangan area wisata

pemandangan waduk Jatibarang

 
Naik turun dengan ratusan anak tangga harus kita tempuh untuk bisa mencapai goa. Namun pemandangan segar yang terpampang didepan mata seolah menjadi obat mujarab keletihan. Tebing yang curam, waduk dan sungai yang luas menjadi penghias tempat wisata itu. Kita bisa menyewa boat untuk bermain-main di bendungan jatibarang. Penuh dan berjubelnya pengunjung kala itu memang membuat saya justru tidak bisa mengeksplore tempat wisata ini secara lebih mendalam. Mungkin lain kali bisa mampir lagi. Jika anda ingin sejenak melupakan kejenuhan di dalam kota, monggo silahkan melipir ke goa kreo dan nikmati keindahannya. Semoga berguna...

 
Regards

waw

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?