visit on my page

Tuesday, May 1, 2012

Kenggulan, Kelebihan, dan Keuntungan Motor Injeksi Dibanding Motor Karburator

Sudah banyak yang paham, mudeng, bahkan sampai nglothok tentang motor injeksi. Namun tidak sedkit pula yang awam mengenai hal tersebut terutama kaum hawa yang biasanya dong nyetir motor atau mobil, tapi blong masalah permesinan. Ini sydah jamak terjadi. Oleh karena itu saya mencoba sedikit berbagi tentang keuntungan motor injeksi dibanding karbu dengan bahasa yang mudah difahami.

 
Yah memang akhir2 ini banyak sekali iklan motor, baik dari radio, TV, bahkan baliho dan poster yang memuat tentang motor injeksi. Tapi apa itu motor injeksi dan apa keuntungannya masih banyak yang belum ngerti ternyata. Oke sedikit saya jabarkan mengenai motor injeksi nih…

BBM DISEMPROTKAN KE MESIN (SESUAI SETINGAN DAN KONDISI LINGKUNGAN) DAN BUKAN MESIN YANG MENYEDOT BBM
Motor injeksi menggunakan media penyemprot sebagai aliran untuk mensuplay bagian pembakaran sesuai denagn kebutuhan, sedangkan motor karburator memakai sistem tekanan. Injeksi lebih akurat dalam mensuplay kebutuhan pembakaran sehingga lebih efektif, sedang karburator tidak begiru akurat sehingga kurang efektif.

TERDAPAT BANYAK SENSOR YANG MENGATUR KONSUMSI BBM DI SEGALA SITUASI DAN KONDISI (PANAS, DINGIN, SIANG, MALAM, HUJAN, CERAH, DLL)
Seperti penjelasan sebelumnya motor injeksi dapat mensuplay BBM sesuai kebutuhan dengan sangat efisien. Terdapat banyak sensor seperti suhu, tekanan, O2, dll sehingga dapat mendeteksi lingkungan dengan sangat akurat. Informasi yang didapat dari sensor2 tersebut diolah oleh tool yang benama ECU untuk memerintahkan injektor menyemprotkan BBM ke ruang bakar sesuai kebutuhan.

PEMBAKARAN LEBIH SEMPURNA
Karena BBM yang disuplay ke ruang bakar adalah takaran yang benar2 diperlukan, maka pembakaran yang terjadi akan semakin sempurna (tidak ada BBM yang terbuang sia2)

RAMAH LINGKUNGAN / EMISI RENDAH (LOLOS STANDAR EMISI INTERNASIONAL (EURO 3)
Tentu saja dengan pembakaran yang sempurna akan didapatkan emisi (gas buang) yang ramah lingkungan. Terdapat pula sensor yang mendeteksi gas buang sehingga emisi dapat terkontrol sempurna.

SISTEM KOMPUTERISASI
Sensor, ECU (sepertihalnya processor) yang terdapat pada sistem injeksi dapat dikategorikan sebagai sistem komputerisasi karena terdapat tool yang mengkontrol sistem tersebut.

TEKNOLOGI MUTAKHIR
Sistem komputerisasi yang diadopsikan pada sebuah motor tentu adalah teknologi yang mutakir. 

SERVIS LEBIH CEPAT (SETING ECU SAJA)
Kalo biasanya servis motor karburator dapat mencapai 15 menit (membersihkan karbu, cek kelistrikan, seting RPM, dll), Servis motor injeksi dapat dilakukan kurang dari 5 menit (tinggal colok pada laptop/komputer semua informasi tentang motor dapat dideteksi dan diseting dengan mudahnya). Hanya sesekali injektor kudu di bersihkan (tidak terlalu sering sekitar 3 bulan sekali bahkan lebih).

Dengan sistem yang seperti terjabar diatas, kita dapat tarik kesimpulan “keuntungan apa yang kita dapat dari pemakaian motor injeksi”
IRIT BBM --> IRIT DUIT
EMISI RENDAH --> SEHAT
TEKNOLOGI MUTAKHIR --> LUMAYAN BUAT GAYA2AN
SERVIS CEPAT --> HEMAT WAKTU
UNTUNG SAYA PAKE INJEKSI... HEHE

Kalaupun ada yang belum ngerti produk motor apa saja yang sudah memakai sistem injeksi, cekidot:
Honda Supra Injeksi
Yamaha Vixion
Honda Spacy injeksi
Honda PCX injeksi
Honda CBR injeksi
Yamaha Mio-J (produk baru)
Yamaha Soul GT (produk baru)
Honda New Vario 125 (produk baru)
DLL, mungkin ada yang ketinggalan? yang lebih expert dapat dishare di mari…
Semoga share saya berguna…
Advertisement
-->
Regards,
injector cleaner di bengkel resmi YAMAHA
Karburator VS Injeksi

8 comments:

  1. Replies
    1. kelemahannya cuma satu gan... belum semua bengkel bisa menangani motor injeksi

      Delete
  2. Paling mantab tetep motor karbu. turut berduka pabrikan motor sekarang pake injeksi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. motor karbu bakal dikebiri... bukan disunat lagi.. wkwk

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?