visit on my page

Saturday, August 4, 2012

Bengkel Resmi VS Bengkel Biasa

Ngomongin pabrikan motor tentu tak lepas dengan yang namanya 3S (Sales, Service, dan Sparepart). Sales merupakan semua hal yang berkaitan dengan penjualan. Service tentu saja tentang pelayanan untuk perawatan berkala motor. Sedangkan Sparepart adalah peretelan motor yang harus diperbaharui jika terjadi kerusakan. Kali ini saya akan sharing tentang S yang ke-2 yakni Service. Jika kita dengar kata service, pasti benak kita langsung terpikir “bengkel”. Yup memang service identik dengan bengkel atau tempat perawatan berkala motor. Nah sudah jadi rahasia umum jika bengkel resmi (beres) aka bengkel kepunyaan jaringan pabrikan membanderol harga yang lebih mahal dibanding bengkel pinggir jalan biasa. Disamping fasilitas yang lebih oke dan mekanik yang lebih handal jaminan garansi menjadi alasan bengkel resmi mematok harga lebih. Namun ngomong-ngomong tentang fasilitas, harusnya seperti apa sih fasilitas bengkel resmi itu? 


Dengan membayar lebih tentunya konsumen berhak untuk mendapat yang lebih pula. Baik dari Fasilitas, pelayanan, dll. Kalo di bengkel biasa kita menunggu di tempat duduk yang alakadarnya, seharusnya kita mendapat ruang tunggu yang nyaman dan ber-AC atau minimal ada kipas anginnya di bengkel resmi. Jika kita menunggu motor kesayangan dikerjai oleh mekanik yang minim sertifikat namun berpengalaman di bengkel biasa, kita berhak untuk mendapat pelayanan dari mekanik yang bersertifikat dan berpengalaman di beres. Jika kita beresiko kehilangan garansi resmi motor kala melawat ke bengkel biasa, dapat dipastikan garansi mesin motor kita akan aman jika melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Dan ada beberapa keunggulan lain yang didapat jika kita menservis motor kita ke bengkel resmi dibandingkan bengkel biasa.

Dengan selisih harga hampir 2kali lipat, harusnya beres harus lebih oke juga 2kali lipat dari bengkel biasa. Intinya, bengkel resmi jangan sampai tutup mata. Jika memasang harga lebih dari bengkel yang biasa, maka tenggung jawab untuk memberikan yang lebih pula kepada konsumen. Jangan sampai konsumen mengeluhkan fasilitas bengkel resmi yang lebih jelek dari bengkel biasa yang tarifnya lebih murah. Kita sebagai konsumen juga haris jeli dalam memilih. Memang tidak semua bengkel resmi memberikan standar fasilitas yang oke dan tidak semua mekanik beres ahli dan berpengalaman. Tidak semua bengkel biasa memberikan standar fasilitas dibawah bengkel resmi dan tidak semua mekanik bengkel biasa adalah mekanik yang ecek-ecek. Namun jaminan garansi yang aman hingga jatuh tempo adalah keunggulan beres yang tidak dimiliki bengkel biasa. Kebijakan memilih akan menentukan masa depan tunggangan. Cermat memilih akan memperpanjang umur kuda besi.

 
Ada pengalaman servis di bengkel resmi atau bengkel biasa? Menurut Anda fasilitas apa yang harus ada di bengkel resmi? Ayo share di kolom komentar. Semoga berguna…
 

Regards,

waw

Gambar = Google search
Advertisement
-->
Link Terkait:
Prosedur pengajuan Klaim garansi motor
Standar Fasilitas Bengkel Resmi

6 comments:

  1. mending ke beres aja :)
    http://bagas29ps.wordpress.com/2012/08/04/tips-buat-para-rider-yang-lagi-jomblo/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoha bro... lebil mahal dikit tapi lebih asoy yak...

      Delete
  2. tapi ane punya pengalaman buruk sama beberepa beres yamaha nih..

    waktu itu baut tameng mio soul ane uda agak ga rata . masa beres gabisa bukanya ampe diketok2 palu sgala.
    malah pinggir tempat bautnya ampe retak..

    eh di bengkel biasa malah ga nyampe 5 menit uda bisa kebuka tuh baut .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang beres tidak selalu superior atas bengkel biasa. Bisa jadi pengalaman mekanik di beberapa bengkel biasa lebih oke dari pada mekanik di beberapa beres.
      Namun saya dapat pastikan secara global (keseluruhan), performa mekanik beres lebih baik daripada mekanik bengkel biasa. Lagian garansi after sales di bengkel resmi lebih dapat dipercaya.

      Kalo ga terima dengan pengerjaan mekanik di beres, komplain aja, minta garansi servis nya, minta ganti rugi bila perlu... Itu hak konsumen kok...

      Delete
  3. Beres = rata-rata pake seragam

    ga Beres = rata-rata baju bebas, ada juga yang telanjang dada.

    :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. beres = rata2 ruang tunggunya pake AC

      ga beres = rata2 runag tunggunya AA (angin alami)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?