visit on my page

Tuesday, May 8, 2012

Cara Kerja Injector Tester

Menyambung pembicaraan masalah Injector Cleaner yang sebelum-sebelumnya, Kali ini saya mau sedikit berbagi tentang Cara kerja nya. Yah, setelah hanya sekedar tahu nama alat tersebut, saya beruntung untuk menyaksikan bagaimana alat tersebut bekerja. Yah memang, bukan hanya sekedar celup atau semprot saja, namun ada beberapa tahap. Mari kita simak.
Mekanik sedang mengoperasikan Injektor tester
Saat dibengkel kebetulan saya melihat mekanik sedang mengoperasikan alat tersebut. Sontak saja rasa ingin tahu yang tinggi mendorong untuk menghampiri. Wah benar ternyata mereka sedang mengeksekusi sebuah injektor motor V-ixion. Oh ya ngomong2 ternyata alat tersebut namanya adalah injektor tester dan bukan injector cleaner. Yah salah dong pengertian saya selama ini. Namun begitu, alat ini memang dapat digunakan untuk membersihkan injektor.
Ternyata Injector Tester tapi memang untuk membersihkan injektor
Ini dia Injector Tester
Yup. Ada dua bagian penting pada alat tersebut. Pertama yakni untuk mengetes injektor dan yang kedua untuk membersihkan injektor. Keduanya mengunakan cairan khusus, namun cairan yang digunakan berbeda. Cairan yang dipakai untuk membersihkan bersifat lebih keras sehingga dapat membuang kerak atau kotoran yang menempel pada injektor. Sedang cairan untuk tester, dipakai hanya untuk mengetes aliran pada injektor apakah masih lancar atau sudah sedikit mejen (mampet).
Kedua tabung bertekanan sama untuk kalibrasi injektor (gambar saat alat bekerja)
Barometer pada Injector tester
Cara kerjanya yakni, injektor yang akan dites/dibersihkan diletakkan diatas tabung, dan injektor yang masih bagus (aliran masih lancar) diletakkan diatas tabung yang lain. Kemudian keduanya diberi tekanan yang sama besar. Tekanan tersebut digunakan untuk mengalirkan cairan pada kedua injektor. Nah jika volume cairan yang dapat disemprotkan oleh injektor yang dites sama atau bahkan lebih banyak dengan volume cairan yang disemprotkan dari injektor yang masih bagus, maka dapat dipastikan injektor yang akan dites masih dalam kondisi bersih. Dan sebaliknya jika volume cairan lebih sedikit, maka injektor tersebut mengalami penyumbatan pada lubang atau dapat dipastikan kotor. Ini biasa dinamakan kalibrasi injektor kalo orang teknik kebanyakan bilang. Jadi intinya hanya membandingkan injektor yang akan dites dengan injektor yang masih bagus.

Tempat Membersihkan Injector
Langkah selanjutnya adalah membersihkan injektor jika injektor tersebut kotor. Caranya adalah mencelupkan injektor tersebut pada sebuah cairan. Cairan tersebut dituang pada suatu wadah kecil pada ujung alat. Injektor yang dicelupkan untuk dubersihkan dialiri arus listrik sehingga dapat bereaksi dengan cairan tersebut dan akhirnya dapat membantu proses pembersihan. Injektor dicelupkan selama kurang lebih 3 sampai 5 menit (ada setingan waktunya). Setelah itu, injektor dipasang lagi pada tabung untuk dikalibrasi. Dan jika injektor masih dalam kondisi kotor, maka dapat diulangi pembersihan hingga injektor dirasa bersih.
injektor cleaner model semprot juga tersedia di bengkel
Oiya ternyata bukan hanya alat yang dinamakan injektor tester aja yang nongkrong di bengkel. Injektor Cleaner model semprot juga dipajang disebelah alat tersebut. Alat yang ini digunakan untuk membersihkan area fuel pump dan daerah aliran bahan bakar dari tangki menuju injektor. cara pembersihannya hanya tinggal colok ke selang dan kemudian disemprotkan. Wah semakin lengkap dan mudah saja ya....

Demikian sedikit ulasan yang saya ketahui dari para mekanik. Adapun kesalahan ataupun kekurangan memang saya bukan ahli dibidang ini. semoga dapat menjadimanfaat.  
Advertisement
-->
Regards,


2 comments:

  1. biayanya berapa gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. denger2 sih waktu itu 50rebu gan... tapi itu si mekanik ngarang ato ga... hehe
      palingan juga sekitar segitu deh yang jelas jauh lebih murah daripada kalo beli part injektor baru

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?