visit on my page

Tuesday, October 2, 2012

Ganti Dapur Pacu, Apakah Honda Beat Masih Digdaya?

Regulasi standar emisi EURO memang seakan memaksa ATPM roda 2 bekerja keras untuk memenuhi. Apapun dikorbankan untuk tidak melanggar kebijakan pemerintah tersebut. Hal ini terjadi pada jawara skutik Indonesia saat ini. Apa lagi kalo bukan HONDA BEAT. Pabrikan sayap ngepak tersebut dipaksa untuk mengevolusi gacoan telarisnya tersebut pada sector dapur pacu. Walaupun dengan gelondongan mesin karbu terjual amatlah sangat banyak, ATPM tersebut seakan mengharuskan mengganti dapur pacu dari system karbu menjadi system injeksi unutk memenuhi regulasi standar emisi EURO. Nah, pertanyaannya apakah dengan evolusi dapur pacu tersebut Honda masih digdaya di segmen skutik entry level? Mari kita bahas bersama.

 
Honda telah menjungkalkan singgasana skutik yang sebelumnya diduduki Mio dengan mendatangkan Honda Beat. Skutik entry level Honda ini nampaknya memang menjadi ‘pemukul’ telak bagi Mio. Betapa tidak, Mio yang sudah ‘memegang’ market skutik dalam waktu yang tidak sebentar dapat terjungkal karena munculnya Honda Beat di blantika roda 2 Indonesia. Desain yang lebih compact dan menyandang nama besar Honda disinyalir merupakan factor keberhasilan si ‘pemukul’. Terlebih lagi Honda tidak 'sepelit' kompetitor untuk masalah fitur.
 

Konsisten dengan mesin karbu (market paling oke hingga sekarang)
Di era injeksi sekarang ini, Honda Beat tergolong ‘telat’ untuk menddeklarasikan diri sebagai FI ready. Kompetitor justru mendahuluinya dengan merilis gen baru dari Mio yakni Mio-J. Dengan mesin injeksi bernama YM-Jet FI, Mio-j berharap bisa merebut kembali singgasana skutik nasional. Namun apa yang terjadi? Walaupun tetap konsisten dengan mesin kerbunya, Honda Beat tetap menjadi primadona pecinta skutik Indonesia. Terbukti Mio-J belum mampu ‘memukul’ Honda beat.
 

Disinyalir digemari orang karena body nya yang compact (langsing)
Seperti yang telah disebut diatas, desain yang diusung Honda beat seakan menjadi magnet tersendiri bagi konsumen skutik. Model yang simple, desain yang singset, ditambah nama besar Honda yang menaungi terkenal dengan produk yang irit membuat prospect buyer tanpa ragu meminang Honda Beat menjadi tunggangan mereka.
 
Tidak merubah body terlalu drastis adalah pilihan bijak
Telah beredar gambar-gambar dan foto-foto yang disinyalir adalah penampakan Honda Beat versi Fuel Injection walaupun belum ada peluncuran secara official. Dari penampakannya, basic design terlihat tidak meninggalkan Beat versi sebelumnya. Masih tetep ramping, compact dan simple. Ini adalah pilihan yang sangat bijak mengingat masyarakat gandrung terhadap Honda Beat karena kerampingannya.
 


FI campaign harus jor-joran (mindset massa belum terlalu welcome dengan FI)
Kalo dirasakan akhir-akhir ini mamang mindset masyarakat akan motor belum ‘nyampe’ pada titik FI ready. Mungkin hanya di belahan kota-kota besar saja yang masyarakatnya mendeklarasikan diri siap Injeksi. Nah, justru  di belahan bumi Indonesia yang lain terlihat gelagat yang berbeda. Masih awamnya masyarakat daerah akan FI harus diakui menjadi batu kerikil ATPM untuk menjual produk FI mereka. ini dibutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Membentuk main set masyarakat tidaklah segampang membalikkan telapak tangan. Perlu Campaign yang bermutu dan kontinyu.
 
Mungkin masih ada lagi yang perlu diulas oleh para pakar yang mampir? Silakan urun rembug di kolom komentar jikalau sudi. Honda Beat FI? apakah akan semoncer Honda Beat Karbu? Bagaimana menurut Anda? Semoga berguna…

Regard,

Waw

Link terkait :

8 comments:

  1. Menurut saya sih bisa moncer. Sebab pertimbangan pertama konsumen adalah desain, juga trand. Injeksi atau karbu, kalau desain bisa diterima dan sejalan dengan trend di masyarakat, larislah. contoh mudah WTF, laris manis meski ada kekurangan. WTF adalah tren konsumen skutik yang ingin naik kelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mindset konsumen 2wheel Indonesia memang memprioritaskan desain...
      walaupun desain itu relatif, namun jika ciamik dan 'dianggap keren' bagi kebanyakan orang pastilah monceeer...

      Delete
  2. kalau dipake untuk sumbar-khususnya daerah yang banyak tanjakan curam, masih menang beat non injeksi.

    beda kalai tanjakan biasa bea fi ok walau tarikannya jauh kalah ama beat lama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Torsi Maksimum
      Beat FI : 0,89 kgf.m / 6.500 rpm
      Beat Karbu : 0,85 kgf.m / 5.500 rpm

      Dari ilustrasi diatas memang walaupun Beat FI mempunyai torsi max yang lebih besar meski sedikit, tapi untuk mencapai torsi puncak beat karbu lebih cepat dibanding beat FI.
      Jadi bisa dikatakan tarikan beat karbu lebih terasa dibanding beat FI.
      cmiiw.....

      Delete
  3. sebenernya kalo diliat liat, beat fi ini model batok lampunya seperti mio soul.

    tuk lampu depan dibikin gepeng

    kalo lampu belakang, cuma kaca mikanya dilepas.

    mirip deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip tampilan bukan berarti mirip dalam penjualan

      ; p

      Delete
  4. body beat karbu bermesin injeksi pasti malah tak tertandingi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew, berarti body beat karbu lebih oke dibanding beat injeksi nih

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

whats in your mind?